Kamis, 28 Mei 2015

KERAJINAN OLAHAN BUAH SALAK

OLAHAN BUAH SALAK




Anda kenal dengan Salak Bali?

Atau mungkin anda kenal dengan Salak Gula Pasir?

Tapi mungkin anda belum tahu bahwa salak yang terkenal di Bali adalah berasal dari Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem.

Desa Sibetan merupakan sentral penghasil buah salak terbesar di Bali. Hampir di setiap tegalan penduduk di Desa Sibetan ditanami pohon salak. Bahkan, saking melimpahnya panen buah salak yang biasanya terjadi di bulan Desember,  masyarakat mengkreasikan buah salak tersebut menjadi berbagai macam olahan seperti makanan maupun minuman. Karena di musim tersebut hasil panen buah salak sangat melimpah sehingga hasil pemasarannya pun agak sulit dan harganya tidak stabil.

Bertolak dari hal tersebut konsulat Australia dewan yayasan kalima jari membuat suatu terobosan dengan memberikan batuan alat vacum gaying dan tempat bangunan untuk memproduksi, kepada Kelompok Werdi Guna. Sehingga pada akhirnya pemanfaatan buah salak bisa lebih dikreasikan menjadi berbagai macam makanan olahan.

Kebersihan dan kesterilan pembuatan dodol salak sangat di perhatikan oleh kelompok Werdi Guna yang beralamat di Banjar Telugtug, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem. Kelompok ini biasa juga melayani pesanan dari daerah luar. Selain dodol salak kelompok Werdi Guna juga memproduksi kripik salak. Dengan tetap menjaga kebersihan dan kesterilan dari proses pembuatan sampai dengan proses pengemasan, menjadikan hasil produksi Werdi Guna memiliki kualitas yang sangat terjaga.


Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan produk hasil olahan buah salak dari Kelompok Usaha Werdi Guna, anda dapat datang langsung ke Banjar Telugtug, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem atau menghubungi no telepon 085 237602225.

Atau dapat menghubungi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem ke no telepon (0363) 21211, (0363) 21486.

1 komentar:

  1. selamat malam, ada berapa umkm olahan slak di kabupaten karangasem ? terimakasih mohon infonya

    BalasHapus