Kamis, 28 Mei 2015

KERAJINAN BATOK KELAPA

KERAJINAN BATOK KELAPA



Anda tahu batok atau tempurung kelapa? Bagi kebanyakan orang tempurung kelapa mungkin tidak berguna dan sepintas hanyalah sebuah sampah yang mungkin tidak berarti bagi sebagian orang. Padahal sebenarnya batok kelapa justru dapat menjadi alat-alat yang bermanfaat dan menarik jika kita mampu untuk mengolahnya dengan tepat.

Di Desa Waliang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, batok kelapa diolah menjadi berbagai kerajinan seperti



Tempat buah, sok kasi, nare, tamas dan banyak lagi yang lainnya. Penggunaan batok kelapa sebagai peralatan rumah tangga ini, juga ramah lingkungan, jika dibandingkan dengan peralatan berbahan plastik dan logam.

Untuk memperoleh bahan baku juga tidak perlu untuk merusak lingkungan karena di Bali, khususnya di Kabupaten Karangasem sangat banyak di temui pohon kelapa, sehingga jika diamati seharusnya untuk mendapatkan bahan baku batok kelapa, tidak mengalami kesulitan. Walaupun pada prakteknya terkadang memang mengalami kendala namun masih bisa didatangkan dari Kabupaten Klungkung. Karena jumlahnya yang melimpah, dan belum diolah secara optimal, maka sebelumnya batok kelapa ini sering dipakai hanya untuk kayu bakar dan bahkan sering terbuang sia-sia.

Salah satu perajin yang ada di Kecamatan Abang adalah IKM Eka Lestari. Dengan kreatifitasnya maka batok kelapa yang sebelumnya tidak berguna, dapat diolah menjadi berbagai barang kerajinan batok kelapa. Di daerah luar Bali memang banyak hasil olahan batok kelapa, namun hasil kerajinan batok kelapa masyarakat Desa Waliang tetap mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak ditemui di daerah lain. Batok kelapa di daerah ini diolah dengan cara dianyam, dimana sebelumnya batok kelapa tersebut telah dibentuk bulat-bulat seperti uang kepeng Bali kuno. Selanjutnya setelah anyaman berbentuk baru dilakukan proses finishing dengan pernis untuk mengkilapkan sekaligus meningkatkan daya tahan produk.

Untuk lebih lengkap dapat dilihat pada video di bawah ini.

















Untuk harga hasil kerajinan batok kelapa ini, juga tergolong murah jika dibandingkan dengan rumitnya pembuatan, serta jika diukur dari segi keramahan lingkungannya. Oleh karena itu, akan menjadi pilihan yang menarik bagi yang berkunjung ke Bali untuk mencoba menyempatkan diri untuk singgah ke Desa Waliang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, untuk mengamati langsung proses produksi pembuatan kerajinan batok kelapa, dan manjadikan kerajinan khas Desa Waliang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem tersebut sebagai salah satu pilihan oleh-oleh yang menarik dan khas dari Bali.

Atau jika anda berkeinginan untuk membeli hasil kerajinan batok kelapa Desa Waliang anda dapat menghubungi “IKM Eka Lestari” atau Desak Sekarini, yang beralamat di Desa Waliang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, dengan no telepon 081805618101. Atau dapat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem dengan no telepon 0363 21211, 0363 21486.

0 komentar:

Posting Komentar