Senin, 25 Mei 2015

KERAJINAN KEBEN ATAU SOK KASI


Kerajinan Keben atau Sok Kasi


Keben atau Sok Kasi merupakan perlengkapan upacara umat Hindu Bali. Keben banyak dijumpai saat masyarakat Hindu Bali melakukan persembahyangan di pura, dimana keben tersebut digunakan sebagai wadah buah untuk dipersembahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Namun saat ini kerajinan pembuatan keben sudah semakin jarang ditemui. Untuk Kabupaten Karangasem, terdapat pengrajin yang masih dengan tekun menggeluti pembuatan anyaman keben yaitu
Bapak Nyoman Wenten. Dimana, kerajinan ini telah mampu membangkitkan industri kecil yang berbasis kerakyatan karena dapat dilakukan di sela-sela kegiatan rutin masyarakat Buana Giri.
Bagi yang hendak berkunjung ke Karangasem dapat langsung untuk singgah di Desa Buana Giri, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, untuk mengamati langsung proses produksi pembuatan kerajinan anyaman keben, dan menjadikan kerajinan anyaman keben tersebut sebagai salah satu pilihan oleh-oleh Karangasem.

Atau jika anda berminat untuk membeli hasil kerajinan anyaman keben, anda dapat menghubungi Bapak Nyoman Wenten yang beralamat di Desa Buana Giri, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, dengan no telepon 085792625502. Atau dapat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem dengan no telepon 0363 21211, 0363 21486.

0 komentar:

Posting Komentar